Rabu, 08 Agustus 2012

Rumah Melayu Tradisional

Dalam budaya melayu, seni pembangunan rumah tradisional disebut dengan istilah Seni Bina. Rumah memiliki arti yang sangat penting bagi orang melayu. Rumah bukan saja sebagai tempat tinggal dimana kegiatan kehidupan dilakukan dengan sebaik-baiknya, tetapi juga menjadi lambang kesempurnaan hidup. Beberapa ungkapan tradisional melayu menyebutkan rumah sebagai cahaya hidup dibumi, tempat beradat beketurunan, tempat berlabuh kaum kerabat, tempat singgah dagang, hutang orang tua kepada anaknya.

Dalam pergaulan sehari hari orang melayu, rumah kediaman menjadi ukuran apakah seseorang bertanggung jawab terhadap keluarganya atau tidak. Orang yang tidak berumah sendiri, lazim dianggap tidak atau kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap anak istrinya. Oleh karena itu orang melayu selalu berusaha mendirikan rumah kediaman, walaupun dalam bentuk yang amat sederhana. Orang melayu mengatakan bahwa semut, hewan yang sangat kecil saja mampu membangun rumah kediaman, maka mustahillah manusia tidak mampu mendirikan rumah kediamannya.

Orang tua mengatakan : kalau manusia tidak berumah, seperti beruk buta didalam rimba. Ungkapan ini bagi orang melayu sangat memalukan, bukan saja bagi pribadinya, tetpai juga bagi keluarga dan kaum kerabatnnya. Orang melayu juga mendambakan rumah kediaman yang baik dan sempurna, yaitu yang bangunan fisiknya memenuhi ketentuan adat dan keperluan penghuninya, sedangkan dari sisi spiritualnya rumah itu dapat mendatangkan kebahagiaan, kenyamanan, kedamaian dan ketentraman.

Anda sedang membaca artikel tentang Rumah Melayu Tradisional dan anda bisa menemukan artikel Rumah Melayu Tradisional ini dengan url http://rezkyutama.blogspot.com/2012/08/rumah-melayu-tradisional.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Rumah Melayu Tradisional ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Rumah Melayu Tradisional sumbernya.


Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 rezkyutama | Contact Us | Privacy Policy