Kamis, 09 Agustus 2012

Karakteristik Rumah Melayu

Karakteristik Rumah Melayu

Karakteristik rumah melayu dapat dibedakan menjadi 3 bagian
1.  Berdasarkan Nama
Rumah tradisional melayu pada umumnya terdiri atas tiga jenis, yaitu Rumah Tiang Enam, Rumah Tiang Enam Berserambi, dan Rumah Tiang Dua Belas atau rumah serambi. Rumah tiang dua belas atau rumah serambi merupakan rumah besar dengan tiang induk sebanyak dua belas buah

2.  Berdasarkan Tipologi
Tipologi rumah tradisional melayu adalah rumah panggung atau berkolong, dan memiliki tiang tiang tinggi. Hal ini sesuai dengan iklim setempat dan kebiasaan yang turun temurun. Tinggi tiang penyangga rumah sekitar dua sampai dua setengah meter, tinggi rumah  dibagian atas sekitar tiga atau setengah meter. Suasana di dalam ruangan sejuk dan segar karena banyak memiliki jendela serta lubang angin atau pentilasi.

3.  Berdasarkan Fungsi tiap-tiap Ruangan
Setiap ruangan pada rumah melayu memiliki nama dan fungsi tertentu. Selang depan berfungsi sebagai tempat meletakkan barang barang tamu, yang tidak dibawa ke dalam ruangan. Ruang serambi depan berfungsi sebagai tempat menerima tamu pria, tetangga dekat, orang orang terhormat, dan yang dituakan. Ruang serambi tengah atau ruang induk berfungsi sebagai tempat menerima tamu agung, dan yang sangat dihormati. Ruang selang samping berfungsi sebagai tempat meletakkan barang yang tidak dibawa kedalam ruang serambi belakang. Tempat ini merupakn jalan masuk bagi tamu wanita. Ruang dapur dipergunakan untuk memasak dan menyimpan barang barang keprluan dapur. Karena susunan papan lantainya jarang, maka sampah dapat langsung dibuang ke tanah.

Anda sedang membaca artikel tentang Karakteristik Rumah Melayu dan anda bisa menemukan artikel Karakteristik Rumah Melayu ini dengan url http://rezkyutama.blogspot.com/2012/08/karakteristik-rumah-melayu.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Karakteristik Rumah Melayu ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Karakteristik Rumah Melayu sumbernya.


Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 rezkyutama | Contact Us | Privacy Policy