Selasa, 20 November 2012

Kurikulum Baru Mata Pelajaran TIK SMP Dihilangkan?

 Pada Juni 2013 nanti, para guru dan siswa akan menjalankan kurikulum baru. Kurikulum untuk berbagai jenjang pendidikan mengalami perubahan termasuk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

"Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik," kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

"Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain," jelas Nuh.

Rencananya, pihaknya akan mendorong agar tiap sekolah dilengkapi dengan perangkat komputer dan sambungan internet sehingga memudahkan anak-anak dalam menerapkan TIK yang menjadi media dalam tiap mata pelajaran.

"Seharusnya seperti itu. Komputer paling tidak tiap sekolah harus punya untuk anak didiknya," ungkap Nuh.

Meski sarana pembelajarannya ditekankan dengan TIK, pendekatan yang dilakukan pada tingkatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan pada pendidikan dasar. Sains tetap menjadi penggerak dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain.

Kendati demikian, IPA dan IPS telah muncul sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Begitu pula dengan bahasa Inggris yang mulai diajarkan untuk membentuk ketrampilan bahasa dan masuk dalam struktur kurikulum baru sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Dengan perubahan kurikulum ini, 12 mata pelajaran yang dulu diajarkan pada tingkat SMP menjadi berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya.

Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pada jenjang sekolah ini juga sedikit mengalami perubahan. Hasil karya atau portofolio anak-anak ini akan dijadikan instrumen untuk penilaian juga.
"Ini untuk mendorong agar anak-anak bisa kreatif. Karena itu ada mata pelajaran Prakarya dalam kurikulum baru ini," tandasnya.

sumber : www.kompas.com

Anda sedang membaca artikel tentang Kurikulum Baru Mata Pelajaran TIK SMP Dihilangkan? dan anda bisa menemukan artikel Kurikulum Baru Mata Pelajaran TIK SMP Dihilangkan? ini dengan url http://rezkyutama.blogspot.com/2012/11/mata-pelajaran-tik-smp-dihilangkan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kurikulum Baru Mata Pelajaran TIK SMP Dihilangkan? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kurikulum Baru Mata Pelajaran TIK SMP Dihilangkan? sumbernya.


Artikel Terkait:

9 comments:

  1. kayaknya pendidikan di indonesia mundur karena banyak perubahan-peruabahan yang belum sempat terlaksana...

    saya setuju TIK di Hilangkan asalakan Menteri Pendidikan juga di hilangkan, karena kayaknya setiap ganti mentri pasti ganti kurikulum...

    BalasHapus
  2. nah itu dia penomena kepemimpinan dinegeri ini. Tiap yang memimpin selalu ingin membuat yang baru. wuftt

    BalasHapus
  3. PIKIRKAN JUGA BAGAIMANA SOLUSI UNTUK GURU TIK, JGN BISANYA HANYA MENGHILANGKAN TP TIDK ADA SOLUSI BAGI GURU YANG DIRUGIKAN......

    BalasHapus
  4. sebenarnya banyak hal yang mesti dipertimbangkan jika kurikulum baru diterapkan. Salah satunya adalah nasib guru komputer. Apakah nanti dihilangkan atau tidak. Kita tunggu saja keputusan resmi pemerintah dalam hal ini kemendikbud.

    BalasHapus
  5. jangan di samakan dengan di kota-kota masu pak menteri di daerah2 jg harus dipertimbangkan jangankan siswa, guru saja masih banyak yang gak mengerti mengoperasikan komputer..kok Pelajaran TIK di hilangkan...kapan2 pak menteri jalan2 ke daerah2 supaya tau jangan cuma berkaca di kota2 yang maju saja.

    BalasHapus
  6. Betul...klo di kota jgnkan anak SMA anak br 3 thn saja sudah bisa main game komputer,,,jangan di samakan dengan di daerah2

    BalasHapus
  7. TIK dihilangkan? bagaimana dengan guru guru TIKnya, siapa bilang semua guru sudah bisa TIK, cari solusi pak bukan cari masalah

    BalasHapus
  8. Saya guru TIK ? TIK hilang nih, gimana solusinya ? terus guru tik yang bersertifikasi gimana jalan keluarnya atuh?

    BalasHapus
  9. TIK itu hilang? biar guru-guru yang mengajar TIK tidak resah tolong cari solusi yang cepat, bijak dan akurat!"ya saya hanya guru honorer yang kurang pendapatan. jadi saya dan kawan-kawan pingin adan solusinya yang bijak gitu? ditambah letak sekolah kami agak jauh dari Teknologi yang pesat saat ini. Dan juga tolong perjuangkan guru - guru honorer ini,yang selama ini tidak kalah mengabdi puluhan tahun lamanya.Saya pingin ada perhatian untuk guru2 honorer ini. terima kasih. Wassalam.

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 rezkyutama | Contact Us | Privacy Policy