Senin, 17 September 2012

Jadwal Pencairan Dana Sertifikasi Guru 2012 Semua Provinsi

Pembayaran dana sertifikasi yang sudah di anggarkan pemerintah selalu mengalamani keterlambatan. Kemudian muncul pertanyaan kenapa dana yang sudah diturunkan pemerintah pusat ke pemerintah daerah selalu mengalami keterlambatan?. Berbagai opinipun muncul diantar guru yang telah bersertifikasi.

Sertifikasi Guru merupakan salah satu bentuk sertifikasi profesional. Sebagai konsekuensi dari pemberian sertifikasi ini, Pemerintah berkewajiban untuk memberikan tunjangan profesi kepada guru yang bersertifikasi. Tujuan dari pemberian tunjangan guru tersebut disamping untuk meningkatkan mutu guru juga meningkatkan kesejahteraan guru, agar para guru bersemangat dalam melaksanakan tugasnya dan mendapatkan tempat yang baik di mata masyarakat. Memang semenjak guru menerima dana sertifikasi, kesejahteraan guru meningkat dan ini tergambar dari setiap penampilan para guru dimana saja berada. Katakanlah dana tersebut digunakan untuk beli pakaian, motor, mobil, rumah dan sebagainya. Itu semua bentuk imple­mentasi kesejahteraan yang didam­bakan semua masyarakat seperti yang tercantum dalam Pancasila.

Tetapi pemberian tunjangan / rapel sertifikasi guru tahun 2012 masih ada masalah, disamping ada keterlambatan untuk sejumlah daerah juga adanya pemotongan (diluar) pajak penghasilan (red.)

Contoh untuk yang telat menerima tunjangan adalah guru-guru di daerah Sragen untuk Juni-Juli. Tunjangan sertifikasi itu akan dirapel tiga bulan mulai Juni, Juli dan Agustus senilai Rp44 miliar. Menurut Kabid Tenaga Kependidikan (Tendik) Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen, Turdiyanto bahwa realisasi pembayaran tunjangan sertifikasi direncanakan empat tahap. Tahap I diberikan untuk Januari-Februari, tahap II direalisasikan Maret-Mei, tahap III bakal dibayarkan Juni-Agustus dan tahap IV direalisasikan untuk September-Desember.

Berbeda dengan guru PNS di Kota Surakarta, mereka bernasib mujur. Betapa tidak belum ada sebulan tunjangan sertifikasi triwulan pertama dicairkan, kini tunjangan triwulan kedua sudah ditransfer ke rekening para guru yang telah tersertifikasi tersebut. Anggaran sebesar Rp 32.674.752.400 tersebut diperuntukkan bagi 3.823 guru jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK. Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Surakarta, Sulardi mengatakan, sudah pentransferan tunjangan telah dilakukan ke bank.

Dari Padang dilaporkan bahwa sekitar 4.345 guru yang telah lulus sertifikasi belum bisa menerima tunjangan di lebaran ini. Pasalnya, mereka dipastikan akan menerima tunjangan sertifikasi triwulan kedua usai Lebaran. Sebaliknya, kabar gembira bagi 2.923 guru PNS nonsertifikasi. Mereka sudah bisa menikmati dana tambahan penghasilan (tamsil) yang dibayarkan Rp 1,5 juta per orang yang sudah dicairkan kepada bendahara masing-masing sekolah dan sudah bisa diambil oleh guru yang bersangkutan.

Tunjangan sertifikasi idealnya dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Besarnya satu kali gaji pokok yang diterima guru selama 1 bulan. Selain tunjangan sertifikasi, Dinas Pendidikan Banyuwangi juga mencairkan tunjangan non-sertifikasi bagi 2.103 guru sekolah negeri. Total anggaran yang dicairkan sebesar Rp 3, 15 miliar.

Anggaran tunjangan non-sertifikasi ini berasal dari Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah Banyuwangi. Tunjangan ini dikhususkan bagi guru sekolah negeri yang belum menerima sertifikasi dari pemerintah pusat. Masing-masing guru mendapat Rp 250 ribu per bulan.

Jadwal pencairan dana sertifikasi guru sebenarnya harus dibayar tiap bulan melalui bank yang ditunjuk pemerintah. Tetapi pada kenyataannya, keterlambatan pembayaran membuat berbagai opini diantar guru, misalnya sengaja menahan pembayaran sertifikasi untuk mendapatkan bunga bank dan lain sebagainya.

Anda sedang membaca artikel tentang Jadwal Pencairan Dana Sertifikasi Guru 2012 Semua Provinsi dan anda bisa menemukan artikel Jadwal Pencairan Dana Sertifikasi Guru 2012 Semua Provinsi ini dengan url http://rezkyutama.blogspot.com/2012/09/pencairan-dana-sertifikasi-guru-2012.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jadwal Pencairan Dana Sertifikasi Guru 2012 Semua Provinsi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jadwal Pencairan Dana Sertifikasi Guru 2012 Semua Provinsi sumbernya.


Artikel Terkait:

9 comments:

  1. tolong pemerintah pusat khususnya kemendiknas agar selalu melakukan monitoring pembayaran sertifikasi guru dikabupaten Muna yang selalu terlambat dan bahkan ditahun 2012 pembayaran selama 2 bulan belum dibayarkan

    BalasHapus
  2. Saya setuju mas. Kita tidak tau apa alsan pemerintah daerah selalu telat membayarkan dana sertifikasi ke guru.

    BalasHapus
  3. tolong untuk pemerintah pusat khusus jatim yang ada di bawah maungan kemenag,sertifikasi yang di janjikan bulan desember 2012,sampai detik ini belum cair,ini sangat terlambat,mengapa kok bisa sejauh itu terlambatnya...!mohon pencerahannya...!

    BalasHapus
  4. kami juga guru yang sudah lulus sertifikasi, kami percaya dan husnudz dzon pada pemerintah dalam hal pengalokasian dana TPP, menurut kami keterlambatan itu adalah hal biasa, namun alangkah lebih terpuji bila hal itu disampaikan secara transparan agar tidak terjadi hal-hal negatif. Marilah... kita kembali pada tugas suci kita mengabdi pada bangsa dan negara, ikut serta mencerdaskan bangsa dengan melaksanakan kewajiban kita tanpa terlalu menuntut hak, rizki Allah yang ngatur.......

    BalasHapus
  5. mohon kemendiknas untuk mengecek data aplikasi p2tk yang telah dikirim

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. kemenag kab. indramayu jawa barat mohon segera cairakan tunjangan sertifikasi 2012 yang tinggal 9 bulan lagi sampai dengan sekarang tidak tau kemana larinya uang tersebut,,,,

    BalasHapus
  8. ciek goe agouliez13 April 2014 pukul 11.23

    Yth.Bpk Menteri Pendidikan smpai saat ini kmi blom menerima dana tunjangan sertifikasi yg lulus th 2012 yg mau sy tanyakan sbnrx kpn pencairan dana sertifikasi utk yg lu2s th 2012 dr pusat ke knwil terus ke kabupaten.. akhir thn kmrn kmi brtemu dgn tman2 wkt PLPJ dlm sbuah acr peringatan hab.kemenag di kota malang mereka brcerita bhw tunjangan sertfikasix sdh cair kmi heran knp di kan.kemenag kab.bangkalan smp saat ini blom cair..

    BalasHapus
  9. di kota pekalongan juga sama, kami yang lulus sertifikasi 2012 sampai sekarang belum menerima sk, menurut teman di kota tegal dan banyumas mereka mengurus sendiri di dirjen dikti, benarkah demikian?

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 rezkyutama | Contact Us | Privacy Policy