Selasa, 11 September 2012

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak Tidak Bergerak

Sebelum anda membawa laptop atau netbook anda ke tukang service, alangkah baiknya anda membaca tips memperbaiki touchpad laptop yang rusak dibawah ini.

Tips Memperbaiki touchpad laptop 1

1. Cek dahulu jika driver touchpad telah terinstall dengan baik.

2. Jika driver telah terinstall, pastikan touchpad AKTIF. ( Pada beberapa merek notebook, --seperti COMPAQ, misalnya--, ada tombol khusus untuk mengaktifkan/menonaktifkan touchpad ini) menggunakan kombinasi tombol FN+F(x)

3. Jika masih belum jalan juga, coba update driver Touchpad anda. Cari di website produsen laptop, atau ke synaptics.com (rata2, notebook dewasa ini menggunakan touchpad buatan synaptics)atou dowload disini

4. Jika masih belom bisa berfungsi, cobalah boot menggunakan LIVE CD Linux. Umumnya, Live CD sudah menyertakan driver agar Touchpad bisa berfungsi normal.

5. Apabila touchpad pada Live CD tidak berfungsi, besar kemungkinan, touchpad rusak secara hardware. Silakan hubungi Service Center Notebook Anda.



Tips Memperbaiki touchpad laptop 2

- Untuk memudahkan proses troubleshooting, anda bisa pergunakan USB Mouse terlebih dahulu sebagai pengganti dari fungsi touchpad, kemudian lakukan langkah-langkah troubleshooting dibawah ini.

- Pastikan touchpad tidak tersetting disable/ non aktif dari software touchpad bawaannya (biasanya software touchpad ini running di system tray pojok kanan bawah)

- Jika settingan touchpad sudah benar (aktif/on) di software touchpad bawaan dan touchpad masih belum bisa bekerja normal kembali, maka troubleshooting dilakukan ke tingkat kedua yaitu : hapus driver mouse/touchpad dari Device Manager dengan melakukan step berikut : masuk ke control panel --> system --> device manager. kemudian cari bagian mice and other pointing device --> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara berikut : arahkan pointer mouse di driver tsb --> klik kanan --> pilih delete.

- Setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop anda agar driver touchpad tsb bisa refresh kembali dengan cara automatic install waktu os windowsnya up kembali.



Tips Memperbaiki touchpad laptop 3

pastikan terlebih dulu apakah anda tanpa disengaja telah menekan tombol shortcut untuk menon-aktifkan fungsi mouse pad tersebut. Kalau benar, selanjutnya aktifkan kembali fungsi mouse pad dengan menekan tombol shurtcut. Kalau masih belum berhasil, baru periksa apakah driver mouse pad sudah terinstall dengan baik.




Tips Memperbaiki touchpad laptop 4


1. Coba cek bahwa touch pad anda tidak dimatikan secara software. biasanya si ada tombol di atas touch pad atau bisa juga dengan tekan tombol fn + f4

2. kemungkinan agak parah ya hardware. coba cek koneksi kabel di bawah keyboard apakah terhubung baik ke motherboad. untuk yang ini, saya sarankan anda bawa ke toko2 komputer terdekat kalo anda ga begitu paham untuk membongkar keyboard.


Tips Memperbaiki touchpad laptop 5

cuma da 3 kemungkina
1. lupa instal driver, coba di instal dulu atau cek dari device manager liat apa udah keinstal apa blm
2. sudah di instal tapi g dinyalain, liat dari F1 - F12, ada g gambar touchpad, kalo ada coba tekan fn+tombol itu tadi, trus coba mousepad, kalau untuk laptop compaq tombolnya tepat berada di atas mousepadnya
3. rusak

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak Tidak Bergerak dan anda bisa menemukan artikel Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak Tidak Bergerak ini dengan url http://rezkyutama.blogspot.com/2012/09/memperbaiki-touchpad-laptop-tidak.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak Tidak Bergerak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Rusak Tidak Bergerak sumbernya.


Artikel Terkait:

2 comments:

  1. maksaih gan,,, ane udah kawatir ane pikir hardwarenya kea, tapi syukur ane uninstall hardware synapstics jd bisa, makasih gan :D :-D

    BalasHapus
  2. gan thank you so much, adek ane main game ga sengaja mencet FN +F9, KAMPRET ane kira rusak

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 rezkyutama | Contact Us | Privacy Policy