Rabu, 01 Agustus 2012

Sejarah Kriptografi

[Sejarah Kriptografi] memiliki sejarah yang sangat panjang. Informasi yang lengkap mengenai sejarah kriptografi dapat ditemukan di dalam buku David Kahn yang berjudul The Codebreakers. Sejarah kriptografi sebagian besar merupakan sejarah kriptografi klasik, yaitu metode enkripsi yang menggunakan kertas dan pensil atau mungkin dengan bantuan alat mekanik sederhana. Secara umum algoritma kriptografi klasik dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu: algoritma transposisi dan algoritma substitusi.

Algoritma transposisi (transposition cipher) mengubah susunan huruf huruf didalam pesan, sedangkan cipher subsitusi mengganti setiap huruf atau kelompok huruf dengan sebuah huruf atau kelompok huruf lainnya.

Sejarah kriftografi klasik mencatat penggunaan cipher transposisi oleh tentara Sparta di Yunani pada permulaan tahun 400 SM. Mereka menggunakan alat yang namanya scytale. Scytale terdiri  dari sebuah kertas panjang dari daun papyrus yang dililitkan pada sebuah silinder dari diameter tertentu. Pesan ditulis secara horizontal, baris perbaris. Bila pita dipelaskan, maka huruf-huruf didalamannya telah tersusun secara acak membentuk pesan rahasia. Untuk membaca pesan, penerima pesan harus melilitkan kembali kertas tersebut ke silinder yang diameternya sama dengan diameter silinder pengirim.

Sedangkan algoritma substitusi paling awal dan paling sederhana adalah Caesar cipher, yang digunakan oleh raja Yuanani kuno, Julius Caesar. Caranya adalah  dengan mengganti setiap karakter di dalam alphabet dengan karakter yang terletak pada tiga posisi berikutnya di dalam susunan alfabet

Anda sedang membaca artikel tentang Sejarah Kriptografi dan anda bisa menemukan artikel Sejarah Kriptografi ini dengan url http://rezkyutama.blogspot.com/2012/08/sejarah-kriptografi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah Kriptografi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sejarah Kriptografi sumbernya.


Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 rezkyutama | Contact Us | Privacy Policy